RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas VIII MTs

By | January 26, 2016
RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 bisa anda dapatkan di sini. Tetapi sebelumnya, mungkin kami perlu memberikan sekadar kalimah pendahuluan. Anda tahu, bahwa Mata Pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang rukun iman yang dikaitkan dengan pengenalan dan penghayatan terhadap al-asma’ al-husna, serta penciptaan suasana keteladanan dan pembiasaan dalam mengamalkan akhlak terpuji dan adab Islami melalui pemberian contoh-contoh perilaku dan cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan al-akhlak al-karimah dan adab Islami dalam kehidupan sehari-hari sebagai manifestasi dari keimanannya kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir, serta Qada dan Qadar. – RPP Akidah Akhlak Kurtilas

RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas VIII MTs

Akhlakul karimah tentu saja sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan sejak dini oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam rangka mengantisipasi dampak negatif era globalisasi dan krisis multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.

Mapel Akidah-Akhlak di Madrasah memiliki beberapa tujuan antara lain:

  1. Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT.
  1. Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai akidah Islam.

Berikut adalah contoh RPP kurikulum 2013 mapel Akidah Akhlak. Tetapi lebih baik anda download contoh RPP Akidah akhlak ini dalam format .doc agar lebih enak dibaca. Karena kalau dalam format HTML memang kurang bagus tampilannya. Silakan:

Download Contoh RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas VIII

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan              :   MTs _________________

Mata Pelajaran                   :   Akidah AKhlak

Kelas/Semester                   :   VIII / I

Materi Pokok                      :   1. Iman Kepada Kitab-kitab Allah Swt

Alokasi Waktu                    :   4x 2 x 40 menit (5 pertemuan)

 

  1. Kompetensi Inti

K-1      : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

K-2      : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

K-3      : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

K-4      : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

  1. Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1. Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT

2.1. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT

3.1. Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT

4.1. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT

   Indikator

  1. Menunjukkan dalil naqli dan aqli terkait dengan kitab-kitab Allah swt.
  1. Menyebutkan pengertian kitab-kitab Allah dan shuhuf dan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dan shuhuf.
  2. Memahami macam-macam, isi dan fungsi kitab-kitab Allah swt.
  3. Mengidentifikasi perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah swt.
  4. Menyajikan data dan fakta serta sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah swt.

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Setelahpeserta didikmengamati,menanya,mengeksplorasi,menalar,dan merefleksi tentang iman kepada kitab, diharapkanpeserta didikmampu :

  1. Meyakini adanya dan kebenaran kitab-kitab Allah SWT
  2. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT
  3. Memahami hakikat beriman kepada kitab-kitab Allah SWT
  4. Menyajikan data dari berbagai sumber tentang kebenaran kitab-kitab Allah SWT

 

  1. Materi Pembelajaran

Salah satu pokok kepercayaan atau rukun iman dalam islam ialah meyakini adanya kitab-kitab Allah swt. Kitab-kitab Allah swt.adalah himpunan wahyu yang diturunkan kepada para rasul-Nya untuk disampaikan kepada sekalian manusia sebagai pedoman hidup.

Macam-macam Kitab-kitab Allah swt.yang diwahyukan kepada para rasul adalah sebagai berikut. Kitab Zabur diwahyukan kepada Nabi Daud a.s.   abad ke-10 SM, di daerah Israil,  Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa a.s. Pada kira-kira abad ke-12 SM, di daerah Israil dan Mesir,  Kitab Injil diwahyukan kepada Nabi Isa a.s Pada permulaan abad pertama Masehi dan Kitab Al-Qur’an diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw. pada abad ke-6 Masehi di Makah dan Madinah.

Selain empat kitab tersebut , Allah juga telah menurunkan wahyu berupa wahyu berupa suhuf kepada para nabi terdahulu. Suhuf menurut bahasa berarti lembaran. Adapun suhuf menurut istilah adalah wahyu yang disampaikan kepada Rasul, akan tetapi tidak wajib disampaikan kepada manusia. Dengan demikian, jika kita bandingkan dengan kitab, suhuf relatif lebih sedikit daripada kitab.

Di dalam sebuah riwayat hadits disebutkan ada beberapa suhuf yang masing-masing diberikan kepada :Nabi Adam as, sebanyak 10 suhuf,  Nabi Syits as, sebanyak 50 suhuf, Nabi Idris as, sebanyak 30 suhuf, Nabi Ibrahim as, sebanyak 10 suhuf, Nabi Musa as, sebabanyak 10 suhuf, juga menerima kitab Taurat.

 

  1. Metode Pembelajaran
  • Pendekatan         : Pendekatan Ilmiah (scientific)
  • Model                 : Pembelajaran yang berbasis masalah (problem-based learning)
  • Metode               : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

 

  1. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  • Media : Multimedia interaktif/CD interaktif/video
  • Alat : Poster/Kartu

        Sumber Belajar

  • Al-Qur’an dan Hadits
  • Buku Guru dan Buku Siswa Akidah Akhlak Kelas 8 MTs

 

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

        Pertemuan Pertama

No. Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan

·        Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

·        Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·        Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

·        Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain  diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.

 

 

10 menit

2. Inti

·       Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran tentang kitab-kitab Allah swt.

·       Guru mengajak peserta didik  mengamati dan memperhatikan ayat-ayat AlQur’an  yang berhubungan dengan keberadaan kitab Allah, dan sekaligus mengamati gambar kitab-kitab suci.

·       Guru mengajak peserta didik  berkomentar dan bertanya tentang gambar-gambar dan ayat-ayat Al-Qur’an  yang diamati.

·       Guru mengajak peserta didik  membuka cakrawala pikirannya dengan membaca ringkasan materi tentang kitab-kitab Allah swt. Antara lain: iman kepada kitab-kitab Allah swt, dalil-dalil tentang keberadaan kitab-kitab Allah swt, macam-macam kitab Allah yang harus diimani.

·       Guru mengajak peserta didik  mencermati garis besar isi dari masing-masing dari 4 kitab suci dan fungsinya pada masing-masing umatnya.

 

 

60 menit
3. Penutup

·        Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.

·        Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.

·        Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.

 

 

10 menit

 

        Pertemuan Kedua

No. Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan

·        Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

·        Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·        Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

·        Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain  diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.

 

 

10 menit

2. Inti

·     Guru mengajak untuk mengembangkan wawasan dengan cara berdiskusi sebagai berikut:

o   Berkelompoklah 4-5 orang dengan tertib! Diskusikan hal-hal berikut dengan

o   saling menghargai  pendapat teman! Antara lain mendiskusikan tentang:

o   Bagaimana pendapat kalian andai kata  Allah tidak menurunkan kitab-kitab sucinya di dunia ini ?

o   Bagaimana pendapat kalian bila ada orang berkata bahwa kitab AlQur’an  adalah kitab kuno yang tidak mengikuti kemajuan dan perkembangan zaman? Jelaskan dan buktikan!

o   Orang Yahudi berkata: “AlQur’an  ini tiada lain hanyalah ucapan Muhammad”. Bagaimana pendapat kalian dalam menyikapinya?

o   Carilah literatur atau fenomena, bagaimana perilaku orang yang beriman kepada kitab-kitab suci termasuk pada AlQur’an ? jelaskan! Kegiatan menannya

·     Guru mengawasi dan membimbing jalannya diskusi kelompok

60 menit
3. Penutup

·        Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.

·        Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.

·        Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.

 

 

10 menit

 

        Pertemuan Ketiga

No. Kegiatan Waktu
1. Pendahuluan

·        Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

·        Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

·        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

·        Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.

·        Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain  diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.

 

 

10 menit

2. Inti

·   Guru memberi tugas siswa secara berkelompok untuk membaca dan memahami hasil bacaan yang ditentukan. Lalu secara bergiliran menjelaskan hasil bacaan masing-masing temannya yang lain secara bergantian

·   Guru meminta peserta didik tetap bersama kelompoknya. Kegiatan menganalisa

·   Guru membagi pertanyaan-pertanyaan ke tiap kelompok.

·   Tiap kelompok mendapat tugas satu pertanyaan.

·   Guru memberikan kesempatan kepada kelompok untuk mendiskusikannya. Tiap kelompok mencatat hasil diskusinya di kertas (guru bisa mengembangkan dengan kertas ukuran besar).

·   Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya secara singkat.

 

60 menit
3. Penutup

·        Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.

·        Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.

·        Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.

 

 

10 menit

 

  1. Penilaian (Jenis, Instrumen, Pedoman Penskoran)
  • Jenis/ Teknik Penilaian

 

No Aspek yang dinilai Teknik Penilaian
1. Sikap Sosial Observasi
2. Pengetahuan Tes tertulis
3. Keterampilan Tes  praktik
  • KOLOM PENASARAN

 

Guru melakukan penilaian peserta didik pada kegiatan PENASARAN? “.

 

No Nama Siswa Aspek yang dinilai Nilai
a b c
1          
2          
3          
dst          

 

Aspek dan rubrik penilaian:

  1. Frekuensi dalam bertanya
  • Jika siswa bertanya 3 kali atau lebih, skor 30.
  • Jika siswa bertanya 2 kali, skor 20.
  • Jika siswa bertanya 1 kali, skor 10.

 

b.Keterkaitan pertanyaan dengan materi.

1) jika pertanyaan  sesuai dengan materi, skor 30.

2) jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi, skor 20.

3) jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi, skor 10.

 

  1. kejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanya

1)jika bahasa jelas,lugas,dan mudah dipahami, skor 30.

2). jika bahasa kurang jelas,kurang lugas,dan kurang mudah dipahami, skor 20.

3) jika bahasa tidak jelas,tidak lugas,dan sulit dipahami, skor 10.

 

Nilai :a +b+c

Catatan :

  • Kegiatan bertanya bagi siswa adalah bentuk rangsangan agar siswa berani bertanya dan yang selama ini sangat sulit dimunculkan
  • Pertanyaan siswa bagaimanapun bentuknya harus diapresiasi,sehingga nilai ini bisa dijadikan sebagai nilai proses pembelajaran
  • Karenanya,pada poin ‘aspek yang dinilai’, pada poin a dan b, meskipun pertanyaan dan bahasa tidak tepat,tetap mendapatkan nilai
  • DISKUSI

Guru melakukan penilaian peserta didik pada kegiatan “ Diskusi “.

 

  1. Penilain kelompok yang maju/presentasi

 

Format Penilaian

No Nama Siswa Aspek yang dinilai Skor Maks Nilai Ketuntasan Tindak Lanjut
a b c T BT R P
1                    
2                    
3                    
dst                    

 

Keterangan:

T           : Tuntas mencapai nilai ….( disesuaikan dengan nilai KKM )

BT        : Belum Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM

R           : Remedial

P           : Pengayaan

 

Aspek dan rubrik penilaian:

  1. Kejelasan dan kedalaman informasi

1)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman

informasi lengkap dan sempurna, skor 30.

2)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman

informasi lengkap dan kurang sempurna, skor 20.

3)    Jika kelompok tersebut dapat memberikan penjelasan dan kedalaman

informasi kurang lengkap, skor 10.

 

  1. Keaktifan dalam diskusi

1) Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.

2) Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.

3) Jika kelompok tersebut kurang aktif dalam diskusi, skor 10.

 

  1. Kejelasan dan kerapian presentasi
  • Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
  • Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
  • Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan kurang rapi, skor 20.
  • Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan tidak rapi, skor 10.

 

Nilai= a + b + c

 

KELOMPOK 2,3,…DST

 

  1. Penilaian individu peserta didik dalam diskusi

 

Guru diharapkan untuk memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki boleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini:

 

No Nama Aktifitas Jumlah Skor Tingkat Penguasaan nilai (MK, MP, MT BT) Keterangan
Keaktifan Kerja

sama

Disiplin
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1                                
2                                
3                                
4                                
5                                
dst                                

 

Rubrik penilaian:

  1. Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
  2. Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
  3. Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
  4. Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.

 

Catatan:

Penguasaan nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.

MK        = 4 – 12s

MB        = 1- 11

MT         = 8 – 10

BT          = 4-7

 

Keterangan:

BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).

MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).

MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).

MK : Membudaya/kebiasaan (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan

 

  • PENILAIAN TEST TULIS

      

  1. Soal Pilihan Ganda

 

  1. Inti beriman kepada kitab-kitab Allah SWT adalah …
  1. Mengamalkan ajarannya Tidak mengingat petunjukNya
  2. Mempelajarinya Mengetahui ajaran-ajaranya
  3. Percaya atau beriman kepada kitab-kitab Allah termasuk rukun Iman yang …
  4. Satu Empat         c. Dua              d. Tiga
  5. Allah menurunkan Shuhuf kepada Nabi Adam sebanyak … shuhuf
  6. 10 20                c. 30                d. 40
  7. Perbedaan antara kitab dan shuhuf adalah …
  8. Sama-sama wahyu Allah Diturunkan kepada para Nabi
  9. Isi kitab lebih lengkap dari shuhuf Kitab dan shuhuf di bukukan

 

  1. صُحُفِ إِبْرَاهِيمَ وَمُوسَى Ayat tersebut menerangkan tentang …
  2. Turunnya shuhuf dan kitab suci
  3. Ibrahim dan Musa sebagai rasul
  4. Nabi Ibrahim dan Nabi Musa mendapatkan suhuf
  5. Ini adalah shuhuf
  6. إِنَّ هَذَا لَفِى الصُّحُفِ اْلأُولىَMaksud kata yang bergaris bawah adalah ..
  7. Al Qur’an Hadits         c. Shuhuf                     d. Ayat-ayat
  8. Nabi yang menerima kitab Taurat adalah …
  9. Daud AS Isa As
  10. Musa As Muhammad saw
  11. Wahyu Allah yang turun kepada Nabi Muhammad saw itu pada …
  12. 1 Ramadhan c. 17 Ramadhan
  13. 7 Ramadhan                                      27 Ramadhan
  14. Ciri-ciri kitab suci sebelum Al Qur’an adalah sebagai berikut, kecuali …
  15. Untuk umat tertentu Hanya berlaku saat itu
  16. Isinya singkat sederhana berlaku sepanjang masa
  17. Dibawah ini adalah nama-nama Al Qur’an kecuali …
    1. Al Furqon Al Huda      c. Adz Zikrn                d. An Nas
  18. Nabi yang menerima kitab Zabur adalah …
    1. Musa as          Daud as       c. Isa as           d. Muhammad saw
  19. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi …
    1. Musa as c. Isa as
    2. Daud as Muhammad saw
  20. Wahyu Allah untuk Rasul, tetapi tidak wajib diajarkan pada manusia adalah …
    1. Wahyu Hadits                     c. Tarikh                     d. Shuhuf
  21. Nabi yang menerima shuhuf adalah …
    1. Isa as Muhammad saw
    2. Daud as Adam as
  22. Nabi Idris mendapat shuhuf sebanyak …
    1. 10 shuhuf 20 shuhuf                c. 30 shuhuf                d. 40 shuhuf
  23. Nabi yang menerima 10 shuhuf adalah …
    1. Nabi Syits Nabi Adam             c. Nabi Idris                d. Nabi Daud
  24. Pokok kandungan Al Qur’an yaitu tabsyir dan inzar maksudnya yaitu …
    1. Kabar gembira dan ancaman ibadah dan syariah
    2. Jual beli Benar dan salah
  25. Salah satu fungsi kitab Allah bagi manusia adalah …
    1. Sebagai petunjuk dan pedoman hidup
    2. Sebagai kumpulan kitab-kitab Allah
    3. Sebagai ayat suci yang harus dibaca oleh penganutnya
    4. Untuk dikirimkan kepada manusia
  26. Dibawah ini adalah merupakan keistimewaan Al Qur’an kecuali …
    1. Kitab yang paling sempurna Sebagai obat, terutama penyakit hati
    2. Petunjuk khusus kaum muslimin Membacanya ibadah
  27. Al Qur’an disebut juga Al Bayyinah yang artinya …
    1. Bacaan Mulia       c. Penjelasan              d. Pembeda

 

  1. Soal Essay
  1. Jelaskan maksud iman kepada kitab-kitab Allah !

…………………………………………………………………………………………………

  1. Tuliskan nama kitab-kitab dan rasul yang menerima !

………………………………………………………………………………………………

  1. Tuliskan 5 macam isi kitab taurat !

…………………………………………………………………………………………………

  1. Tuliskan cara-cara mencintai Al-quran !

…………………………………………………………………………………………………

  1. Tuliskan prilaku orang yang beriman kepada kitab Allah !

 

 

Mengetahui,

Kepala MTs ___________________

 

 

 

_______________________________

NIP. _____________________________

___________, ________________

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

_______________________________

NIP. _____________________________

Utuk mendapatkan RPP lengkap, mudah saja. Kami menyediakan contoh RPP Akidah Akhlak K13 Lengkap, Semester 1 dan 2, Silabus, Prota, dan Promes. Silakan Pesan!

2 thoughts on “RPP Akidah Akhlak Kurikulum 2013 Kelas VIII MTs

  1. Dhiyaul Abrar

    saya perlu rpp Mts kurikulum 2013 yang lengkap. untuk pelajaran qur’an hadits dan aqidah akhlak kelas VIII.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *